Indonesia 60 - Prolog

Merdeka! hehehe akhirnya muncul juga blog "Kemerdekaan RI" gw meskipun secara tanggal telat bgt nih, tapi daripada tidak sama sekali. Lagian tema blog ini juga bukan ngomentarin masalah Kemerdekaan Indonesia nya itu sendiri koq, tapi lebih ke analisa gw terhadap negara Indonesia, yang sebenarnya juga dah muncul berminggu-minggu lalu tapi baru timbul ke permukaan sekarang.

So what's up Indonesia? di umur yang ke-60 ini Indonesia masih terhitung muda sebagai negara, tetapi kalau mau dirunut sejarah Indonesia termasuk negara yang berpengaruh di Asia. Buktinya? liat aja bagaimana negara-negara top Asia pada saat itu seperti China, India dan juga dari daratan Arab menyempatkan untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan untuk saat itu bisa dibilang Indonesia adalah raja di Asia Tenggara.

Saat ini? yah kita bisa liat sendiri lah bagaimana Indonesia pasca "Kemerdekaan" jangankan untuk wilayah Asia, di Asia Tenggara pun meski pengaruh kita tetap besar, tetapi perlahan-lahan kehormatan kita mulai hilang. Di bidang ekonomi kita bahkan diluar 3 besar dari sekitar 11 negara di Asia Tenggara. Bidang politik? diplomasi kita emang cukup bagus, tapi birokrasi kita termasuk 3 besar paling korupsi di Asia Tenggara. Bidang militer? kita mungkin masih negara dengan kemampuan militer terbesar di Asia Tenggara, tapi masak nelayan-nelayan Thailand, Malaysia dan Filipina bisa bebas keluar masuk wilayah perairan kita? itu baru nelayan loh... Bidang perdagangan? komentar gw cuma satu, Indonesia adalah negara penyalur pembantu terbesar di Asia Tenggara.

Gw bukannya skeptis sama Indonesia, tapi gw rasa Indonesia justru mulai kehilangan jati dirinya itu sendiri yang disimbolkan dalam Pancasila. Bukannya kita pernah mendengar pertanyaan retoris, Adakah orang Indonesia yang benar-benar Pancasila? bahkan para perumus dan pengusung Pancasila itu sendiri dipertanyakan nilai Pancasilanya.

Hmm, kayaknya berat juga yah omongannya? lebih baik untuk yang berat-berat ini gw cut aja dulu sampe sini soalnya nilai Pancasila gw aja pernah E, bahkan setelah diulang pun cuma dapet C. Hehehe.
Kita langsung lompat ke analisa iseng gw tentang Indonesia aja yah berbekal sedikit pengetahuan gw tentang Sejarah Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Happy Blog Day!!

(WISH) I'm Happy to vote

Yang penting Posting!!