IDUL FITRI yang Fitrah

Idul Fitri adalah saat-saat merayakan kemenangan bagi umat muslim yang selama sebulan penuh berperang melawan hawa nafsunya. Meskipun saat ini beredar 2 versi Idul Fitri di Indonesia karena posisi hilal yang "tanggung" tetapi semoga hal ini tidak mengurangi makna kesucian dan silaturahmi yang terdapat di hari yang fitri ini.

Di Indonesia Idul Fitri dirayakan dengan sangat meriah terutama lewat "ritual mudik"nya, dan hebatnya euphoria ini hanya terjadi di Indonesia, hal ini menunjukkan betapa bangsa Indonesia adalah bangsa yang selalu menjaga silaturahmi dan tidak mudah melupakan kampung halamannya. Tapi terkadang saking meriahnya perayaan Idul Fitri ini banyak orang melupakan fitrah sesungguhnya dari hari yang Fitri ini. Agar kita tidak tenggelam dalam euphoria yang berlebihan ada baiknya kita melihat kembali ibadah-ibadah yang bisa kita lakukan hanya di hari Iedul Fitri seperti disampaikan oleh DR KH Didin Hafidhuddin MSc.

1. Shalat Malam (qiyamullail) pada malam hari raya Iedul Fitri
seperti disampaikan dalam sebuah Hadis : "Barangsiapa yang melaksanakan qiyamullail pada dua malam Ied (Idul Fitri dan Idul Adha) dengan ikhlas karena Allah SWT maka hatinya tidak akan pernah mati di hari matinya hati-hati manusia (HR Ibnu Majah)

Berarti pada malam Lebaran ada baiknya kita bangun tapi kali ini bukan untuk bersahur melainkan melaksanakan shalat malam.

2. Mandi menggunakan minyak wangi dan berpakaian rapi
seperti diriwayatkan dalam sebuah Hadis : Dari Fakih bin Sa'd bahwasanya Rasulullah senantiasa mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari Iedul Fitri dan hari Iedul Adha.

Memang kita biasa mandi setiap hari, tapi mandi yang dimaksud disini seperti halnya mandi pada shalat Jum'at dimaksudkan agar kita menampilkan penampilan terbaik dan terbersih kita pada hari-hari yang dimaksud.

3. Mendatangi tempat-tempat pelaksanaan Shalat Ied
Dalam sebuah hadis diriwayatkan : dari Ibnu Abbas ra, bahwasanya Rasulullah SAW memerintahkan anak-anak perempuannya dan istri-istrinya untuk keluar (mendatangi tempat shalat Ied) pada hari raya Iedul Fitri dan Iedul Adha (HR Ahmad).

Begitu berharganya shalat Ied pada hari raya sehingga Rasulullah sampai memerintahkan para muslimah, yang lebih utama bagi mereka untuk shalat di rumah, untuk keluar dan melaksanakan shalat Ied bersama umat muslim lainnya.

4. Sebelum shalat makan dahulu dan jalan kaki menuju tempat shalat
Dalam sebuah riwayat dijelaskan : dari Ali bin Abi Thalib ra berkata, termasuk sunnah jika kamu keluar mendatangi tempat shalat Ied dengan berjalan kaki dan memakan sesuatu sebelum pergi ke tempat salat.

5. Bertakbir mengaggungkan nama Allah SWT
Dalam sebuah riwayat digambarkan : dari Ummu Athiyah ra berkata, kami diperintahkan untuk mendatangi tempat shalat bahkan perawan di pingitannya dan wanita yang haid diperintahkan untuk mendatangi tempat shalat Ied. Hanya mereka berposisi di belakang shaf kaum muslimin. Mereka bertakbir dengan takbir kaum Muslimin dan berdoa dengan doa kaum muslimin dengan berharap keberkahan dan kesucian hari tersebut (HR Bukhari).

Mendatangi tempat shalat Ied dan mengumandangkan takbir sudah menjadi satu paket ibadah yang begitu berharganya sampai-sampai mereka yang berhalangan shalat (karena Haid) diminta untuk tetap datang untuk mengumandangkan takbir dan membaca doa meskipun tidak mengikuti ibadah shalat Ied.

6. Melalui jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang
Dalam sebuah hadis diriwayahkan : dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW apabila pergi (ke tempat shalat Ied) melalui satu jalan, maka beliau kembali dari tempat tersebut melalui jalan yang berbeda.

Dengan melakukan hal ini kita diharapkan bisa bertemu dengan orang-orang yang berbeda dan mengunjungi lebih banyak rumah untuk bersilaturrahmi

7. Saling bermaaf-maafan dan mendo'akan
Dalam sebuah hadis diriwayatkan : dari Khalid bin Ma'dan ra berkata, "aku menemui Watsilah bin Al Asqo pada hari ied lalu aku mengatakan Taqabbalallah Minna Wa Minka lalu ia menjawab Ya, Taqabbalallah Minna Wa Minka. "Kemudian Watsilah berkata, "Aku menemui Rasulullah SAW pada hari Ied lalu aku mengucapkan Taqabbalallah Minna Wa Minka kemudian Rasulullah menjawab Ya, Taqabbalallah Minna Wa Minka"(HR Baihaqi dalam Sunan Kubra)

8. Mengadakan hiburan pada hari raya
Dalam sebuah riwayat digambarkan bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Abu Bakar yang pada waktu itu (Hari Ied) menghardik dua hamba sahaya perempuan yang mendendangkan syair di rumah Aisyah: Wahai Abu Bakar sesungguhnya setiap kaum mempunyai hari raya dan sesungguhnya hari ini adalah hari raya kita(HR Nasa'i)

Sementara hal-hal yang harus dihindari saat hari raya adalah :
1. Berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi makanan (tabdzir)
Seperti tertulis dalam Al-Qur'an :
"dan makan dan minumlah kalian, tapi janganlah kalian berlebih-lebihan. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (QS. Al-A'raf 31)

2. Berlebih-lebihan dalam berpakaian dan berdandan :
Banyak orang yang melaksanakan hari raya Iedul Fitri dengan mengenakan pakaian-pakaian yang terbaiknya tetapi pakaian itu malah tidak menjaga auratnya atau terlalu mencolok. Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an :
"Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu" (Al-Ahzab 33).

Semoga dengan melaksanakan amal ibadah seperti diatas ibadah kita di hari raya makin afdhol dan untuk semua pembaca blog saya... saya Mohon Maaf kalau selama ini ada kata-kata dalam blog atau komen-komen saya yang menyinggung perasaan anda-anda halah, resmi bgt! ><)

dan untuk para pembaca blog saya yang beragama muslim, saya ucapkan
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

1 SYAWAL 1427H

MINNAL AIDZIN WAL FAIDZIN

TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM

Comments

Fany said…
Maap lahir batin ya, Dam... kalo2 aku jg ada salah2 kata :D

Oh iya,
kali ini aku akan mengirimimu sebuah list barang2 titipan! Huehuehehe... tunggu saja listnya di emailmu :p
boku_baka said…
Selamat Idul Fitri Dam..
Mohon Maaf Lahir Batin yak..

Dam, si Fany itu requestor downline gw, hadi gw otomatis duluan..(kayak iklan skuter)
Yogie said…
Huuaalllooowwww...
met lebaran ya mas..
mohon maap lahir dan batin...

jangan lupa oleh-olehnya
harddisk 80 gb juga aku mau kok..
hohohoho...
Kristee said…
selamat hari raya idul fitri, maap lahir batin ya, dam :)
Anonymous said…
Sumunaring suryo rahina dinten riyadi, pethak cinondro resik ing wardoyo.
Hangurmati Riyadi Fitri 1427H, nyuwun gunging pangaksami sadaya kalepatan kulo kaliyan panjenengan sami.
Anonymous said…
adam..met lebaran ya! met liburan juga ;)
Astrid said…
hey...happy belated idul fitri ya...maaf lahir batin...=)
pepeng said…
met lebaran....mudik ke smrng bawa oleh2 yee..!!!

Popular posts from this blog

Numa - Numa Fever

Hari yang Aneh