Numa - Numa Fever

Buat penggemar musik di Indonesia mungkin masih terasa asing mendengar lagu "Numa - Numa" atau "Dragostea Din Tei" sebuah lagu berbahasa Rumania yang dipopulerkan oleh kelompok Boy-Band bernama O-zone.

Gw sendiri tau setelah temen gw download lagu ini dari internet, katanya sih soundtrack nya "Chicken Little" tapi gw koq gak tau? baru setelah nonton filmnya untuk yg kedua kali gw baru sadar kalo lagunya ternyata ada di bagian ending dari film (yg isinya dansanya si Little n Friends).

Bisa dibilang diantara lagu-lagu yg dinyanyiin sama Boyband2 yg pernah gw denger, ini adalah lagu Boyband yg TERBAIK (meski sebenarnya gw bukan penggemar Boyband) (-_-). Cocok bgt buat dijadiin lagu penghilang stress (^o^)

Yg paling heboh adalah lagu ini sebenarnya dikeluarkan sejak tahun 2003 dan sampai sekarang masih terus diperdengarkan dan bahkan dijadiin soundtrack film yg baru beredar tahun 2006 ini (ya Chicken Little itu).

Selain itu lagu ini juga beredar hampir di seluruh belahan dunia dari Eropa, Asia, Amerika, sampe Afrika!! kecuali Kutub Selatan mungkin :p. Prestasi yg sangat menakjubkan untuk sebuah band yg berasal dari negara kecil di Eropa Timur, Moldova.

Saking populernya lagu ini mempunyai banyak versi dari versi parodi sampai versi yg akhirnya dimasukkan dalam sebuah album. Versi yang udah gw denger si baru versi orisinil, versi Austria dan versi Amerika. Tapi ada juga versi-versi lain tapi gw belum denger seperti apa, antara lain : Brazil, Spanyol, Belanda (3 versi), Afrika Selatan (hits!), Perancis (2 versi), Mandarin (by Jocie Kok, Hits juga!), Russia, Israel, Jepang, Korea, Finlandia kalo mo lengkapnya liat disini.

Versi parodinya (made by fan) juga bagus2 loh, gw tau dua versi satu dibuat orang Jepang satunya lagi sama orang US (New Jersey) sono. Yang versi US malah bikin heboh di US sana, sampe masuk berita di NBC CNN dan New York Times, sehingga akhirnya mempopulerkan lagu ini di US dan bahkan dibuat versi US nya!! Si Gary Brolsma (yg ada di video itu) jadi begitu terkenal dan bahkan bisa disebut sebagai Fenomena Internet. Tarian yang dia lakukan akhirnya dikenal sebagai "Numa Numa dance!" ^o^.

Di Indonesia sendiri menurut temen gw yg clubber dah banyak dimaenin sama DJ di dance floor, tapi yg gw heran kenapa belom ada versi Indonesia-nya ya?? biasanya Indonesia paling jago kalo soal "ngebajak" lagu2 yg terkenal? ya dibikin remix lah, dibuat jadi Dangdut lah... Campur Sari lah, etc, etc....

Apa para produsen musik itu begitu gapteknya sampe gak tau soal lagu ini? Soalnya lagu ini emang beredar cepat di Internet (for almost 3 years!)

Buat para musisi Indonesia, semestinya lagu ini bisa jadi pembelajaran.... bahwa kalo mo Go-International gak usah bikin lirik bahasa Inggris juga bisa koq!! It's Globalisation man!! (malah gw yg bahasa Inggris :p) Yang penting lagu itu cocok antara lirik sama beatnya kayak lagu "Dragostea Din Tei" ini... malah menurut gw versi original nya lebih bagus daripada versi Inggrisnya!

Lagian kalo ada lagu Indonesia yang nge-pop seantero jagad kan malah banyak orang bule yang akhirnya belajar bahasa Indonesia, seperti apa yang dilakukan Jepang lewat lagu-lagu JPop n JRock nya. Mengutip kata-kata orang Jepang, Perancis n Inggris (entah siapa?) "Daripada belajar bahasa asing, mending orang asing yang belajar bahasa kita" hehehe ^_-

Buat blogger, juga mungkin ada pembelajaran yg bagus disini. Kalau mau blog-nya di klik banyak orang bahas aja soal fenomena Internet! dijamin banyak yg nyari kayak blog yg satu ini. Gw yakin hits-nya pasti lebih dari 100.000, liat aja commentnya yg panjangnya sampe setaun (dari Januari 2005 sampe sekarang...May 2006!! what the heck! o_0). Kalau gw sih gak mau bikin blog gw terkenal, tampilan aja masih asal-asalan gini.... but coz i love the song! that's it! ^_-

Comments

Boku_Baka said…
boysband? idiiihhh!
eh kecuali V6 atau porno grafiti atau boyband jepang yang lain. hehehe
Avante said…
Biarin yg penting lagunyta Enak :p

btw lagu "Dragostea Din tei" itu lagu Boyband yang paling banyak dibahas di Wiki loh ^o^
Sisca said…
Lagunya sering terdengar di TV sini, kirain di negara kita juga ngetop..hehheh..

tp negeri kita juga punya musisi yg hebat dan banyak variasi lagu, yg tak habis buat didendangkan :)

Ace = Aku CInta EIndonesia
Avante said…
Wah, terima kasih buat kunjungannya ya mbak ^^
Sisca said…
=Ace=, terima kasih juga. Selamat bekerja :)
Anonymous said…
Versi Indonesianya ada koq. Judulnya "Buka-bukaan", dinyanyiin sama Barakatak Band. Cari aja di YouTube.

Popular posts from this blog

Hari yang Aneh