Back to the Cycle

Puasa tahun 1427H sudah masuk hari ke-6 dan dari 6 kali gw puasa sejak pertama kali menginjakkan kaki di Kota sing Kaline Banjir ini gw dah mengalami berbagai macam suasana dan kondisi puasa. Dari 6 kali puasa itu beberapa diantaranya terasa istimewa, lain dari yang lain, unik, istilah gampangnya... Tak Terlupakan! :D

Puasa tahun pertama gw di Semarang terasa sangat berkesan, selain pertama kalinya gw puasa jauh dari orang tua, yang bikin BEDA adalah karena gw beserta temen-temen seangkatan gw mengalami praktikum pertama di Jurusan Elektro, yaitu Praktikum Dasar Komputer. Pelaksanaan praktikum yang dadakan dan masih dalam suasana ospek membuat kami menjadi tertekan dalam mengerjakan tugas-tugas Praktikum. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali belajar komputer, dan meskipun gw sudah mengenal komputer waktu SMA disini lah gw pertama kali kenal istilah "copy - paste" :) Saat praktikum sudah memasuki tahap akhir, dimana setiap praktikan diberikan sebuah Tugas Akhir untuk membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Pascal, tekanan makin memuncak. Bukan hanya karena sebagian besar kita buta soal pemrograman tetapi juga karena pelaksanaannya yang sudah dekat dengan Lebaran, bahkan teman-teman yang berasal dari luar Jawa dibuat kelimpungan karena tiket yang sudah mereka pesan untuk H-7 bentrok dengan tugas praktikum yang belum terselesaikan. Meskipun begitu, praktikum ini emang salah satu praktikum yang bikin kami satu angkatan makin kompak, karena para praktikan yang sebagian besar belum punya komputer dan tinggal di kost-kostan akhirnya terpaksa mengerjakannya di rental-rental yang ada di daerah sekitar kampus. Bahkan ada rental yang semua komputernya dipake oleh praktikan. Gw sendiri juga ikut-ikutan bermarkas di rentalan bersama temen gw si "Arsum" (yg juga belum lulus :p) dan bahkan gw sampe nginep di rentalan, dan yang jaga rental sampe menyediakan makanan buat buka dan sahur, karena masa pengumpulan Tugas yg sudah mendesak dan Assistennya juga pengen mudik. Alhasil, gw baru pulang ke Jakarta pada H-3!

Puasa tahun kedua dan ketiga, identik... masih disibukkan dengan tugas dan... PRAKTIKUM! Bahkan ada praktikum yang akhirnya gw drop, dan untungnya masih dikasih nilai D, karena gw dah jenuh berat.... Bayangin aja di Elektro paling gak ada 6 praktikum yang laporannya tulis tangan dengan tinta biru di kertas A4 margin 4-3-3-3 dan satu praktikum paling gak menghabiskan sampai setengah rim kertas! Kebayang gak tuh betapa capeknya tangan kalau gak diistirahatkan :D

Tahun keempat gw dah mulai lepas dari praktikum yang bikin pegel tangan itu, karena di penjurusan gw dah gak ada lagi laporan tulis tangan (Thank God!). Tapi karena gw nyambi jaga internet di kampus, gw melewatkan sebagian malam-malam puasa di kampus... Apalagi waktu itu Semarang lagi mayan sering hujan dan gw inget banget keluar malem jam 3 pagi buat cari makan sahur di warung di tengah suasana Tembalang yang berkabut dan dingin menusuk tulang (en anehnya sekarang koq panas banget!). Tahun kelima suasananya masih mirip tahun keempat tapi masih mending soalnya sekarang nyambi jaga warnet dan sebelum jam 12 dah balik ke kos...

Dan sekarang... tahun ke-enam n moga-moga menjadi tahun terakhir gw puasa di Semarang sebagai mahasiswa, apalagi kondisinya mirip-mirip puasa gw di tahun pertama... Sibuk mengerjakan Tugas Akhir, tapi yang satu ini bener-bener Tugas Akhir". Apalagi kalau mengacu ke "Hukum Siklus Kehidupan" dimana saat kita sudah melalui satu siklus (yang berulang) kita akan melaju ke tahap berikutnya, jadi ini sudah saatnya bagi gw buat LULUS (ya iyalah!).

Oh ya, sedikit info... buat kamu yang ada di Semarang di Tembalang lagi ada Pasar Malem loh, lokasinya di deket GSG Undip. Trus kalo kamu juga ngerasa bosen "ngabuburit" di daerah pemuda... gak ada salahnya nyoba ke Tembalang. Rame Loh!

Comments

boku_baka said…
lho ini bukan postingan tentang sepeda toh?

btw, soal prak. dasar komputer. Alhamdulillah, dendam-ku sudah kesampaian ke anak 2003. Jadi koordinator memang asyik. yeah! yeah!
Yogie said…
Halah.. halah...
kirain ada hubungane sama sepeda ato apa gitu.. ternyata flashback tho..
Anonymous said…
hehe..selamat menunaikan ibadah puasa ya..

Sukses juga buat tugas akhirnya! Tetap semangat! ;)
Dendi said…
aku doain, semoga gak sampe puasa tahun ketujuh dihabiskan di semarang juga
wedhouz said…
wah... sing kebelet wis pingin lulus...
ayo semangant... ndang lulus... ndang mergawe...
hehehe :-P
Lae said…
Hi! Add me to ur links http://2funnypictures.blogspot.com and let me know, i will add u, thanks :)
kristee said…
semoga puasa nya lancar dan sukses buat TA nya :)
btw saya ganti url, mampir ya ;)
Astrid said…
waaa...selamat menunaikan ibadah puasa yaaa....=) btw, aku jadi inget masa" praktikum yang menyebalkan waktu kuliah di TI dulu...hahaha...pemrograman pascal...nggak bangeeeetttttt =)
gaussac said…
wuah bagus banget niatnya. dido'ain biar digampangkan urusannya. amin.
Sisca said…
Mas, Sisca doakan semoga segera lulus.amin.

Dan di bulan Ramadhan mendatang, bisa berpuasa, ditempat baru :)
Avante said…
@Yogie n Budi : Sepeda itu Bicylce kali bukan Cycle :p

Buat yang lain : thx buat doanya... moga2 aja dikabulkan :)
mynameisnia said…
Wew.. ternyata sekarang lagi sibuk untuk tidak melewati puasa tahun ke 7 ditempat yang sama yak? :D
traju oi oi said…
puasa ke-6 di semarang jd mhsw??smoga ga terjadi padaku,amin..(hehehe).
ayoo semangat..biar ga nyampe puasa ke-7

Popular posts from this blog

Numa - Numa Fever

Hari yang Aneh