Jantankah kamu?

Apa sih jantan kalo menurut kamu?

Jantan kalo ditinjau dari sisi popularitas, yang dijual sama iklan-iklan di seluruh media massa, itu bisa dikelompokkan jadi 3 hal :

    • Jantan Fisik, maksudnya kejantanan ditinjau dari segi penampilan dan daya tahan tubuh. Biasanya hal ini dijual sama produk obat-obatan dan susu, stereotipe jantan di iklan jenis ini biasanya mempunyai badan yang kekar, daya tahan yang prima (aktivitas terus tanpa capek!), sampe hal-hal yang berbau 'kamar tidur'. Saking lekatnya identitas jantan sama orang-orang berbadan besar model iklan sebuah produk obat kesehatan (3p0t3n) diganti, dari model pertama yang benar-benar seperti orang biasa menjadi orang yang "biasa" untuk sebuah produk vitalitas, sangat disayangkan sekali karena hal ini malah memberikan ending yang klimaks untuk iklan ini.
      Bahkan, stereotipe yang seperti ini juga sudah masuk ke segmen produk anak-anak! Sering sekali sekarang iklan biskuit-biskuit 'sehat' anak-anak yang menampilkan anak laki-laki yang kuat dan bersemangat karena makan biskuit itu

      Taken without permission from www.popart.uk



    • Jantan Mental, Iklan Jenis ini identik sekali biasanya dengan produk-produk rokok, yang memang dilarang untuk menampilkan rokok secara langsung, sehingga mereka berusaha menampilkan kesan rokok itu jantan lewat iklan-iklan yang menampilkan kegiatan-kegiatan ekstreme seperti Paragliding, Free Fall, Motocross, dsb.
      Gw sendiri mengakui orang-orang penggemar extreme sports emang termasuk jantan, karena mereka memang (seharusnya) siap secara mental untuk mati saat itu juga demi hal yang dicintainya tapi gw menolak kalo hal ini disamakan dengan orang merokok karena para perokok biasanya tidak pernah memikirkan kematian yang mereka hadapi lagipula rokok tidak menawarkan kematian yang instan tapi kematian perlahan. Kalo memang kematian perlahan itu jantan apa bedanya sama (misalnya) orang-orang yang terkena (maaf) AIDS? Lagipula kesan rokok itu jantan juga sudah patah dengan banyaknya wanita yang merokok ;) Buat gw lebih "jantan" Kopi apalagi Kopi Hitam tanpa gula :D

      Taken without permission from www.susnscene.co.za




    • Jantan Materi, wah kalo untuk yang satu ini sih sangat berhubungan sekali dengan tebal kantong, karena barang-barang yang identik dengan kejantanan biasanya berharga mahal, seperti motor gede atau mobil sport.
      Kalau menurut paham ini berarti cuma orang kaya dong yang jantan? Padahal orang-orang kaya justru lebih sering berlindung sama orang-orang miskin, misalnya aja kalo timbul kerusuhan para pejabat yang kaya biasanya cuma duduk ongkang-ongkang kaki di tempat yang aman sedangkan yang menangani kerusuhan adalah bawahan-bawahan mereka yang jelas lebih miskin :)


      Taken without permission from www.chez.com


  • Tapi kalo buat gw (iklan mode: On) jantan itu perpaduan ketiga hal diatas, yaitu jantan secara fisik, mental dan juga materi! Jantan yang kayak gimana? Lagi-lagi gw terkesan sama sebuah iklan susu. Bukan, gw bukan mau ngomongin iklan susu untuk membentuk badan atau vitamin justru iklan susu untuk wanita. Di Iklan itu, pria jantan adalah seorang AYAH! dan gw SETUJU. Kenapa? karena seorang ayah telah memenuhi ketiga syarat jantan yang gw sebut diatas, yaitu Jantan secara fisik (sebagai suami), mental (sebagai ayah) dan materi (mempunyai anak).

    Comments

    boku_baka said…
    ngomong2 soal jantan, baru inget nih kalo aku mau daftar kontes pria L-men.

    thanks Dam udah ngingetin. mau daftar dulu ah...
    Kristee said…
    hmm..jantan...yg pertama kali nongol di kepalaku kok ayam jago ya? :P jantan versiku: berani mengahadapi tantangan kali ya.
    Avante said…
    Apa Bud? :XL-Men?? oh, kalo itu kamu pasti menang
    *kabur dlo sebelum di smekdon Budi"
    Sisca said…
    Jantan menurutku adalah memiliki unsur ketiganya, diimbangi budi pekerti yang baik....kalo seseorang merasa jantan terus suka berantem dan berkata gak sopan, kesan tersebut menjadi hilang :)

    Popular posts from this blog

    Numa - Numa Fever

    Hari yang Aneh