Trackback siapa takut?

Ada seorang temen gw yang nanya ke gw...
"bwt apa pake trackback dam? commenting en shoutbox apa kurang?"

Mungkin buat sejumlah blogger fasilitas komentar dan Shoutbox dah cukup sebagai tali penghubung dengan blogger lainnya, tapi bwt gw itu belum lengkap kalo belom ada Trackback.

Awal perkenalan gw dengan Trackback dimulai dari kunjungan gw ke blog milik Priyadi. Seperti kita tahu blog milik Priyadi adalah salah satu blog dengan trafik yang besar dan jumlah komentator terbesar. Di bagian komennya sering sekali gw liat komentar-komentar yang memberi rujukan ke blog lain dengan topik yang sama disertai sedikit cuplikan tulisannya. Awalnya gw bingung, bagaimana caranya mereka membuat link seperti itu karena jarang sekali (menurut gw) orang yang mau repot-repot menyunting tulisannya, memasukkannya di komen blog orang lain, disertai tulisan yang panjang di bagian nama komentator (biasanya format Trackback adalah : Trackback>>[Nama pengirim]>>[Judul Blog Pengirim]).

Gw lantas berpikir... Ini adalah cara yang efektif untuk saling mengabari, sekaligus promosi, postingan serupa milik kita ke blog milik orang lain (bagusnya sih milik teman kita)... Bagaimana caranya yah? Setelah mencoba-coba membuat Trackback palsu (yang maksa) gw kemudian mendapat pencerahan, terutama setelah temen gw (Budi) menjelaskan ke gw cara menggunakan Trackback.

Akhirnya pencarian pun dimulai dan gw mendapatkan kenyataan bahwa : Trackback ternyata sebuah fitur, jadi ada atau tidaknya suatu Trackback tergantung dari engine blog yang kita gunakan. Engine-engine blog advance seperti Wordpress dan MovableType (Sang Penggagas), sudah memilikinya. Dari situ gw baru sadar kalo Blogger ternyata tidak menyediakan Trackback... :(
Suatu hal yang dapat dipahami mengingat Trackback dapat disalah-gunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Tetapi bwt gw gak masalah, apalagi trafik Blog gw masih belum seberapa dibandingkan banyak pengguna Trackback lainnya. Sekalian belajar mengutak-ngatik blog dan mencoba fitur-fitur yang ditawarkan dunia blog gak ada salahnya kan? ;)
Terlebih lagi ini momen bagus buat menghidupkan blog teknis gw yg lama tertidur karena menurunnya minat penelitian gw... Nantinya hasil uji coba Trackback gw bakalan gw muat disitu, jadi do'ain aja yah niat ini cepet terlaksana siapa tau bisa jadi topik alternatif buat TA :D

Comments

boku_baka said…
Cieee.. gw ngasih pencerahan men!

makanya Dam... wordpress!
Priyadi said…
betul... wordpress! :)

Popular posts from this blog

Numa - Numa Fever

Hari yang Aneh