Lagu Urang Awak

"Isabella adalah
Kisah cinta dua dunia
Mengapa kita berjumpa
Namun akhirnya terpisah

Siang jadi hilang
Ditelan kegelapan malam
Alam yang terpisah
Melenyapkan sebuah kisah"


Penggalan lirik Isabella kayaknya emang cocok buat pengantar tema bahasan gw kali ini... Lagu Malaysia di Indonesia. Karena lagu ini bisa dibilang lagu Malaysia paling fenomenal di Indonesia dan bahkan menjadi gerbang pembuka masuknya lagu-lagu Malaysia lain ke Indonesia (meskipun masih kalah gaungnya dibandingkan banyaknya lagu Indonesia yang masuk Malaysia).

Entah kenapa akhir-akhir ini gw sering denger lagu Malaysia, emang sih kebanyakan lagu-lagu lawas n dah populer sebelumnya di Indonesia. Berawal dari ditemukannya mp3 lagu Iklim yang judulnya Suci Dalam Debu n ternyata anak-anak kos dah pada punya mp3 lagu-lagu Malaysia dari jamannya "Isabella" sampai jamannya "Gerimis Mengundang".... Wah, ketinggalan gw :p
Dan puncaknya terjadi pada saat gw ngeliat Amy Search di salah satu stasiun TV swasta kita, emang sih lagu yang dibawain bukan Isabella tapi yang pasti termasuk salah satu lagu populer juga (kalo ngeliat titlenya sih judulnya "Aku dan Bulan" tapi koq gw gak nemu liriknya ya?)

Kalo gw liat mayoritas lagu-lagu Malaysia yang terkenal di Indonesia ada sebuah kesamaan yang sangat mencolok : lagu-lagunya slow (meskipun genre-nya rock). Perkecualian mungkin pada band Too phat yang sukses berat di Indonesia dengan lagu-lagu Hip-Hopnya.

Buat gw ada nuansa berbeda yang ditawarkan kalo dengerin lagu-lagu Malaysia, yaitu dari lirik dan logat mereka saat menyanyi serta kata-kata dan nuansa khas Melayu kerap kali terdengar menjadikan lagu-lagu dari Malaysia itu unik. Memang sih beberapa lagu liriknya agak nggilani seperti lagu Gerimis Mengundang itu, tapi itu hal yang mahfum lah... anggap aja perbedaan bahasa dan budaya, makanya jadi wagu buat kita :D

Comments

Dendi said…
wahh.. dam ketinggalan satu yang paling fenomenal. SITI NURHALIZAAAA!!
trus ada lagi Sheila Majiiid!!
trus ada raihan!!
banyak koq artis malaysia yang terkenal... belum lagi Noordin M Top..
Indonesia emang pasar yang menggiurkan bagi orang-orang malaysia
Sisca said…
Mungkin ini yg di sebut rumput tetangga sama hijau..orang Malaysia beken di Indonesia, begitupun sebaliknya...:)
Avante said…
@dendi : Wah Den... sori gw lupa ngasih keterangan lagu-lagu Malaysia yang gw maksud disini lagu yang dinyanyiin sama kelompok secara gw gak terlalu suka sama Sheila Madjid dan Mpok Siti :P tapi kalo Raihan okelah... tapi tetep lagu Malaysia paling HEBOH di Indonesia ya Isabella ^^

@sisca : mungkin ini yang namanya Go International ala Indonesia jeng... kalo gak bisa ke Amerika, negara tetangga pun jadi... yang penting kan terkenal di luar negeri ^^v

Popular posts from this blog

Numa - Numa Fever

Hari yang Aneh